Cek Fisik Kendaraan Bermotor Mahasiswa Plat Luar Daerah Domisili (Jogja)

Selamat malam semuanya!

Lama gak nulis lagi nih. Setelah sibuk-sibuk entah dengan proses tes di perusahaan yang nggak kelar-kelar dan juga banyak urusan lainnya. Akhirnya menyempatkan diri buat nulis pengalaman cek fisik motor di Jogja.

Singkat cerita, motor saya kan plat luar Jawa, tepatnya Sumatera. Nah, kebetulan setelah lebaran kemarin pas bulan Juli 2017 harus bayar pajak dan ganti Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) atau disebut juga plat motor. Ini pengalaman pertama saya bayar pajak 5 tahunan. Biasanya kalau di Sumatera selalu Bapak saya yang urus. :D 

Singkat cerita, pertama saya menuju ke Samsat Cabang Pembantu Sleman, tepatnya di Jalan Solo dekat hotel Sheraton Maguwoharjo. Saya masuk ke parkiran bawah dan langsung menuju ke loket cek fisik di bawah. Kemudian setelah menuju ke loket penyerahan berkas kemudian saya ditolak. Why? Karena kantor Samsat Pembantu ini belum bisa melayani pengecekan fisik untuk plat luar Jogja. Finally, saya diarahkan ke kantor samsat pusat Kota Yogyakarta di deket bunderan BPAD lama. Ancernya, dari tugu Jogja kalian ke barat aja dan lampu merah belok ke kiri atau ke selatan dan lurus aja. Nanti pas bunderan itu disitulah lokasi samsat Kota Yogyakarta. 

Saya masuk, kemudian langsung menuju ke area cek fisik. Saya parkir motor dan kemudian masuk ke ruangan untuk menyerahkan berkas yang diperlukan. Jangan lupa siapkan berkas-berkasnya ya. Gampang kok. Cuma STNK asli + Fotokopi dan BPKB asli + Fotokopi.

Nah, di ruangan nanti kan ada dua loket. Khusus yang luar Jogja silahkan masuk ke loket yang sebelah kanan/selatan ya. Soalnya yang sebelah kiri khusus untuk plat AB. Setelah menyerahkan berkas, nanti kita disuruh nunggu bentar diluar. Kemudian dipanggil dan dikasih kertas buat pemeriksaan fisik motor. Setelah dapat, silahkan keluar dan meminta petugas diluar untuk melakukan pengecekan fisik motor. Nanti disuruh buka jok motor (ini tergantung motornya, soalnya ada beberapa motor yang nomor rangka nya ngga di dalam jok). 

Setelah selesai digesek, kita masuk lagi ke ruangan dan menyerahkan hasil pemeriksaan fisik kendaraan kita ke petugas yang ada di dalam ruangan sebelah kanan tadi. Kita diminta menunggu diluar lagi sembari petugasnya melakukan crosscheck antara hasil cek fisik dan bpkb nya. 

Kalau sudah selesai, kemudian kita dipanggil dan membayar sejumlah uang. Kalau saya kemarin 30.000. Murah bukan? Daripada motornya harus dikirim ke rumah. Biayanya bisa sejuta lebih. Setelah bayar nanti kita akan diberikan sebuah map yang berisi hasil cek fisik. Nah map itulah yang dikirim ke rumah untuk di urus oleh orang rumah. Kira-kira penampakan hasil tes fisiknya gini:

(Maaf gambarnya aku ambil dari blog Arif Rahmawan, Ijin ya Om. Link di atas ya) 

Kalau sudah selesai, jangan lupa di fotocopy ya hasil pemeriksaan fisik motornya buat jaga-jaga. Kalau kata Pak polisinya buat jaga-jaga kalau nanti ada pemeriksaan ditunjukin aja fotocopyannya.

Oke, mungkin itu ya sedikit share pengalaman cek fisik kendaraan bermotor untuk plat luar Jogja. Semoga bermanfaat :)
Share:

38 komentar:

  1. Mas, mau tanya
    ditanyain KTP pemilik ndak? Soalnya di tempat saya ditanyakan KTP pemiliknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngga mas. Saya kemarin langsung aja. Asal punya fotokop BPKB sama stnk asli. Itu cek fisik aja ya. Bukan bayar pajak/ganti platnya. Kalau pajak dan ganti plat harus di daerah asal motornya.

      Hapus
    2. Ko di banyumas harus ada faktur juga ya,

      Hapus
    3. Maaf slow respon. Btw itu balik nama atau ganti plat? Kalau balik nama memang diperlukan faktur mas. Tapi kalau pajak 5 tahun tidak perlu.

      Hapus
  2. Ngga mas. Saya kemarin langsung aja. Asal punya fotokop BPKB sama stnk asli. Itu cek fisik aja ya. Bukan bayar pajak/ganti platnya. Kalau pajak dan ganti plat harus di daerah asal motornya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti bisa pake fotocopyannya aja ya yng BPKB. Soalnya BPKB punya saya di kampung.

      Hapus
    2. Maaf baru bales. Iya betul mas untuk BPKB pakai fotokopinya aja.

      Hapus
  3. maaf mau nanya mas . kira2 apakah diseluruh kota bisa cek fisik bukan ditempat asalny?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf baru bales. Untuk cek fisik bisa di semua daerah mas. Ga harus sesuai asal kendaraan. Tapi untuk pembayaran pajak ataupun pergantian plat harus dilakukan di daerah asal.

      Hapus
  4. Kalo plat nya sendiri gmn mas, kan Hrs di gosok, apakah keluar plat baru atau plat nya masnkirim jg ke kampung??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aduh maaf banget gan slow respon. Notifnya ga masuk email. Ngga perlu dikirim plat lamanya, yang digosok nomor rangka dan nomor mesin saja. Sebelum dapat plat yang baru kita tetap pakai plat yang lama. Soalnya kalau ga pakai plat malah kena cegat polisi terus ntar. Hehe

      Hapus
  5. makasi mas membantu sekali infonya

    BalasHapus
  6. Makasih infonya kak, ini aq juga mau cek fisik motor di Samsat kota Yogyakarta. Informasinya sangat membantu sekali 🙏😊

    BalasHapus
  7. Makasih Bro Infonya bermanfaat banget

    BalasHapus
  8. Mas mau tanya klu cek fisik tanpa berkas bisa gk ya? Soalnya berkas udh di kampung dan kendaraan di jakarta. Thx

    BalasHapus
  9. terimakasih untuk infonya kak, kemarin saya habis dari samsat jogja buat cek fisik motor luar domisili dan cuman bayar 20.000 murah banget 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seingat saya juga cuma bayar 15ribu tahun 2016 an

      Hapus
    2. Iya kak. Kemarin pas cek harganya beda untuk yang dari pulau Jawa sama luar Jawa. Tapi ga terlalu jauh bedanya.

      Hapus
  10. cek rangka itu dapat dilakukan berapa hari sebelum tgl terakhir distnk mas...?
    mohon pencerahanya...
    trimakasih....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf slow respon banget gan. Harus sebelum tanggal habisnya gan. Kalau lewat malah itungannya ga bayar pajak dia.

      Hapus
    2. Kalau 5bulan sebelum masa tenggang boleh gk ya?

      Dan STNK asli harus ikut dikirim ke kota asal gk?

      Hapus
    3. Seingat saya kalau 3 bulan bisa mas. Kurang tau kalau 5 bulan. Mungkin bisa juga. Yang penting jangan lewat dari tanggal jatuh temponya aja mas. Untuk STNK Asli harus dikirim ke asal. Karena kan di STNK kan ada slip pembayaran pajaknya yg harus di cap oleh pihak samsatnya.

      Hapus
  11. Mas mau tanya untuk foto copy bpkb nya lembar utama atau yang mana ya mas ? Trimakasih

    BalasHapus
  12. Thx bro

    Dulu saya cumanbawa STNK aja sudah bisa tapi tahun 2016 an

    BalasHapus
  13. 50 rebu 2019 gw post ini di jombang jawa timur.nuerahin sabtu selesai senin suek

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anda belum beruntung gan. Mungkin banyak antriannya makanya bisa lama gan. Sabar ya. Hehe

      Hapus
  14. Apa nama template blog nya mas ?

    BalasHapus
  15. Gan kalo udah telat gimana? Platnya abis agustus 18, masih bisa cek fisik di yk ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba ditanyakan ke Samsatnya langsung Gan. Takutnya salah info. Harusnya ya tetep bisa, karena telat kan sanksinya denda gan bukan ga bisa cek fisik (CMIIW Hehe)

      Hapus
  16. Mas,punya pengalaman gak enak gak karena pakai plat luar daerah di sleman/jogja? Saya dengar sering di cari kesalahannya kl pakai kendaraan luar pulau. Kebetulan mau kirim motor untuk anak kuliah. Makasih sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Engga juga Gan. Alhamdulillah selama di Jogja ga pernah kena tilang. Yang penting surat-surat lengkap, motor gausah dimodif macem-macem yg bikin dia malah jadi ga standar gitu, satu lagi taat lalu lintas aja. Hehe.

      InsyaaAllah aman terkendali.

      Hapus
  17. Numpang tanya ni mas,..
    Kalau ganti plat nomor dari plat B (djakarta)jawa, ke pulau lain mahal gak tu,misalnya ke padang atau ke riau,atau pontianak?
    Makasih mas...

    BalasHapus
  18. Gimana yah kak ? Saya mau bayar pajak 5 tahun sekaligus ganti Plat motor tapi motor saya di kampung. Apakah sya harus kirim motornya atau bisa di gesek sendiri no mesinnya ???

    BalasHapus