Pengalaman Membuka Tabungan Britama Muda BRI

Halo guys, setelah sekian lama saya ga nulis. Akhirnya nulis lagi. Kali ini saya akan menceritakan pengalaman saya mendaftar tabungan BRI Britama Muda. Tentunya pengalaman ini sifatnya subjektif ya. Artinya bahwa mungkin tidak semua orang akan mengalami hal yang sama.

Oke, saya merupakan pengguna setia bank BRI, sejak awal kuliah saya sudah memakai Bank Rakyat ini. Tentunya karena ATM nya mudah ditemukan dan juga administrasinya cukup murah. Pada awalnya saya mendaftar tabungan BRI Simpedes, tapi akhir-akhir ini malah saya ngelirik Tabungan Britama Muda. Kenapa? berikut jawabannya:

Bener kata orang-orang, yang namanya jatuh cinta pada pandangan pertama itu susah ditolak. Begitupun saya dengan tabungan ini, semenjak tahu info tentang tabungan ini, saya langsung jatuh cinta. Karena apa? Check this out!
Desain Kartunya yang anak muda banget. Tabungan ini segmentasinya khusus untuk anak-anak muda yang energetik dan tentunya penampilan itu menjadi bahan pertimbangan dalam memilih sesuatu. Berikut penampakan kartu ATM nya. Menarik bukan?Untuk kartu diatas kalian bisa memilih sesuai keinginan kalian. Kalau saya memilih kartu yang nomor 3.
Usia untuk memegang kartu ini cukup lama, yaitu sampai dengan 35 tahun. Sedangkan saya survey beberapa bank lain untuk tabungan sejenis misal BN* T*plus Muda, usia untuk bisa memakai tabungan muda ini hanya sampai dengan usia 25 tahun.
Biaya adminsitrasi. Ini yang paling penting dan selalu jadi perhitungan anak muda. Dengan biaya administrasi yang sangat murah yaitu Rp 4000/bulan dan biaya kartu Rp 1000/bulan. Intinya perbulan kamu cuma harus mengeluarkan Rp 5000 untuk keperluan biaya administrasi. Murah banget bukan? 
Aksesibilitas Kartu ATM/Debit BRI di jaringan BRI, ATM Bersama, Link, Prima, Cirrus, Maestro dan MasterCard baik di dalam maupun di luar negeri 
Gratis cover asuransi kecelakaan diri hingga Rp 150.000.000,- (Minimal saldo akhir Rp 500.000 ya).
Didukung oleh Fasilitas e-Banking (mobile banking, Internet banking, sms notifikasi dll)
Suku bunga tabungan kompetitif
Dapat memilih Fasilitas Transaksi Otomatis
Limit Transaksi Antar Cabang hingga Rp.300.000.000,-
Keren ya!
Tapi, selain itu tentunya ada beberapa kelemahan yang saya rasakan selama memakai tabungan ini. Tapi tepatnya bukan ke tabungan ini si, tapi ke fasilitas Bank BRI secara umum yaitu:
Entah saya yang meng "Iya" kan tapi saya lupa atau memang tidak ditanyakan oleh CS nya, Sms notifikasi saya aktif. Setiap ada transaksi sebesar apapun akan ada notifikasi di ponsel yang sudah didaftarkan. Nah, ternyata ada biayanya. Satu sms yang masuk dikenai biaya Rp 500. Ini sebenarnya yang membuat saya agak ngelus dada. Lumayan kadang satu bulan bisa masuk 20-an transaksi lebih. Otomatis sudah memotong uang di tabungan saya sebesar 10-rb an per bulan. Tapi ini sebenarnya bisa dinonaktifkan. Berhubung saya belum ada waktu ke Bank nya, jadi belum saya nonaktifkan. Oh iya, kemarin saya juga daftar di weekend banking hari minggu.
Masih seperti dulu, transfer ke sesama bank aja ada biayanya meskipun via internet banking. Ini tentunya sangat berbeda dengan bank lainnya yang saya pakai yaitu Mandiri dan CIMB Niaga. Disaat bank lainnya menggratiskan transfer ke sesama meskipun via internet banking, tapi BRI malah memberlakukan biaya untuk itu. Sayang sekali.
Overall, saya nyaman menggunakan tabungan ini. Nanti mungkin saya akan menonaktifkan SMS notifikasi dengan mengunjungi Weekend Banking nya. Kalau kamu ada pengalaman yang berbeda? Bisa kita diskusi di bawah. Hehe
Share:

17 komentar:

  1. Setahu saya gan, notifikasi nya bisa dipindahkan ke alamat email. Brp pun akses kredit atau pun debit akan masuk via email, gratis tidak ada biaya nya. Klu agan mau pake sms notifikasi ga mau stiap ada pemberitahuan uang msk atau kluar dlm jmlh kcil, bs dirubah kok ke kelipat 100ribu, baik 500rb atau 1juta gan. Krn sy pun pengguna britama muda, wkt sy mendaftar nm nya britama MAN OF STEEL.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul gan. Saya juga sudah menonaktifkan notifikasi SMS nya. Anyway sorry late banget ini ngebales. Hehe

      Hapus
  2. Saya malah belum dapat kartunya. Malah di kasih kartu promoter 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seringnya memang habis kartunya mba. Entah karena memang banyak yg buka baru atau stocknya sangat2 terbatas. Saya kemarin jg baru buka Britama Muda via Aplikasi BRIMo yang baru, sampai sekarang malah belum dapet kartu ATM karena kartunya memang khusus dan belum pakai chip.

      Hapus
  3. Balasan
    1. Kalau buka rekening harusnya bisa kak. Tapi masalah kartu ATM nya karena dia khusus jadi sering terbatas dan bahkan tidak ada di kantor cabang BRI nya. Kalau mau online, download aja aplikasi BriMo kak, nanti buka rekening via sana aja.

      Hapus
  4. Kak kali bisa,buat penjelasan tentang pengertian:Masalah bahasa bang yg kurang dimengerti,contohnya
    Apa itu limit.apa itu nasaba dll bahasa yg di gunakan PD saat menabung.bagikita yg pemula itu sangat perlu untuk di phm dulu sebelum nabung agar PD saat pembuatan rekening baru,itu TDK bingung lagi itu sangat reko meindet banget. kak mungkin dgn begitu blok Kaka akan banyak kunjungan bagi mencari informasikan. Termakasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oke kak. Besok kalau selow aku coba update tentang pengertian2 itu. Hehe

      Hapus
  5. Maaf masalah bahasa yg kurang baku di dengar bagi sipemula

    BalasHapus
  6. BRI emang beda, dalam hal potongan nyebelin banget, kalau cek mutasi, banyak potongan yang gak dapat dimengerti.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mas. Mungkin itu yang harus menjadi perhatian bank BRI nya ya. Misal 100x transfer aja ke sesama BRI dalam sebulan udah kena 25.000 bahkan lebih mahal dari biaya administrasi bulanannya. Sangat disayangkan.

      Hapus
  7. Kak, aku bingung kan tadi disuruh pilih kartu bri nya, nah disana ada 3 kartu trus saya bingung pilih yang mana, nanya ke masnya katanya gak ada bedanya sama aja
    Saya nanya kan kalo yang britamax apa bedanya mas? Dia bilang saldo endapnya 50 rb,. Nah kalo yang 3 itu 10 rb gak dapet buku tabungan sedangkan yang britamax dapet..
    Jadi saya pilih yang britamax mas? Apa saya salah? Kok ngerasa gak enak ya? Soalnya masnya bilang lebih enak pake yang 3 kartu itu ,karena gak pake buku tabungan
    Jadi saya ngerasa ribet, harus ada buku tabungan :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf banget baru bales. Jarang aktif di Blogger akhir-akhir ini. Kalau sepemahamanku ya. Britama X sama Britama Muda itu sama aja sebenernya. Bedanya, kalau Britama X buka tabungannya via Aplikasi Brimo. Nah, di CS nya itu cuma verifikasi (Tapi ga tau juga kalau bisa via CS juga). Sedangkan kalau Britama muda via CS nya langsung gitu. Pengalamannya sama Mba. Kemarin pas ada tawaran via aplikasi Brimo buat buka tabungan BritamaX, aku juga daftar karena tertarik saldo mengendap cuma 10rb itu. Tapi untuk kartu debitnya sama aja kok. Aku malah pilih kartu nomor 3 juga.

      Nah untuk saldo endapnya emang beda. Yang BritamaX itu 10rb, Britama Muda 50rb. Kalau untuk buku tabungan, kemarin aku buka Britama X itu pas mau ambil kartu debitnya juga masih dikasih buku tabungan. Jadi aku punya 2 buku tabungan (Britama X dan Britama Muda) dan 2 kartu debit.

      Nah untuk kata masnya itu. Mungkin sudah ada kebijakan terbaru terkait buku tabungannya atau mungkin memang perbedaan kebijakan di tiap cabang mba.

      Hapus
  8. Kalo kartu debit yang endap saldo ya 10rb yang mana mas, dalam foto diatas, 1,2,3 atau 4? Rencana saya bikin via briMO.

    BalasHapus
  9. Kak kalau atm britama muda emang tidak ada buku tabungan ya?

    BalasHapus
  10. ka mau tanya atm britama saldo mengendapnya berapa ya...

    BalasHapus
  11. Untuk tabungan bri britama muda ada durasi waktu nya tidak? Sepertk sim kendaraan yg hrus di perpanjang?

    BalasHapus