Pengalaman Mengikuti Tes BCA Banker Program

Selamat sore!

Sekedar mau sharing pengalaman pas tes di Bank BCA nih. BCA Banker Program. 
Awalnya saya mendaftar di website karir Bank BCA pada pertengahan bulan Desember 2016. Kemudian saya memperoleh SMS dari BCA untuk menghadiri Psikotes pada tanggal 16 Januari 2017 untuk posisi Program Staff Pendukung Operasional (PSPO).

Di SMS dari BCA gini:
"Sdr/i X, kami mengundang Anda untuk mengikuti Psikotes Program Staf Pendukung Operasional BCA pada hari kamis tanggal 19 Januari 2017, pukul 08.00-selesai di Gedung Wisma Slipi Lt.2 Jl. S. Parman Kav.12 Slipi Jakarta Barat. Balas SMS ini dengan format PSI YA bila bersedia atau PSI TDK bila tidak bersedia hadir. Jawaban ditunggu 1x24 jam. Harap membawa foto berwarna ukuran 4x6 (1 lembar), copy KTP, copy transkrip, pensil HB, dan alat tulis lainnya. Terima Kasih."

Kemudian, saya memutuskan untuk bernegosiasi dengan orang tua mengenai hal ini. Alhamdulillah saya diizinkan untuk mengikuti tes ke Jakarta. Besoknya 17 Januari pukul 13.00 saya berangkat dari Jogja menggunakan kereta api Progo (Yang murmer. Maklum mahasiswa. Wkwk). Sampai di Stasiun Pasar Senen pada pukul 00:15. Kemudian saya langsung bertemu dengan kakak kelas waktu SMA yang kerja di Jakarta. dan kami langsung memesan grab car untuk transportasi menuju kos beliau di Menteng, Jakarta Pusat.

Oke, balik ke tes BCA Banker Program. Pada tanggal 19 Januari pukul 06:30 saya berangkat dari Menteng menggunakan Grab Bike menuju ke Wisma Slipi lantai 2 (BCA Training Center). Perjalanan lebih kurang 30 menit. Mending datang duluan saja daripada telat. Soalnya kondisi Jakarta pada tahu sendiri. Macetttt...!!

Oke, sesampainya di Wisma Slipi, kemudian saya langsung masuk ke Wisma dan menuju lantai 2. Sembari kami menunggu, kemudian dari pihak BCA menempel pengumuman tentang pembagian ruangan tes. Saya di ruang 208. Kemudian kami dipersilahkan masuk menuju ke ruangan, kemudian seperti biasa mengisi presensi dan mempersiapkan alat tulis.

Sebelum tes dimulai, ada penjelasan dari pihak BCA mengenai Banker Program ini. Awalnya saya nggak ngerti kok saya ditempatkan di PSPO. Tapi, ya ternyata PSPO merupakan salah satu bagian dari BCA Banker Program. :0

Tes tahap pertama biasa, Psikotes. Ada tes inteligensi untuk mengukur tingkat IQ kita. Selesai tahap pertama sekitar pukul 11 siang, kemudian kami menunggu pengumuman hasil tes tahap pertama pada pukul 13.00. Saya kemudian melanjutkan untuk "ngemil" lontong opor di kantin bawah Wisma Slipi bersama dengan seorang teman yang baru kenal di Wisma Itu. Btw, jangan sungkan SKSD dah, biarin mau dibilang SKSD atau apa. Hal yang paling penting adalah punya temen ngobrol selagi menunggu pengumuman ataupun di waktu istirahat.

Kemudian jam 13 lebih dikit, kami kemudian kembali menuju lantai 2 untuk melihat pengumuman, dan alhamdulillah nama saya masuk salah satu dari dua orang yang lolos tahap pertama psikotes PSPO. 

Kemudian yang lolos tahap pertama dipersilahkan untukk mengambil kotak makan siang. Selesai makan siang, jam 13.00 kami dipersilahkan untuk memasuki ruangan kembali untuk mengikuti tes selanjutnya. Tes selanjutnya masih Psikotes, tapi psikotes nya khusus tes kepribadian, seperti menggambar manusia dll (you know lah) Hehe.

Selesai hari ini, besoknya diminta untuk lanjut wawancara Psikolog. Akan tetapi lokasinya berbeda. Besok wawancaranya dilakukan di kantor BCA Wisma Asia. Tapi masih dekat dari Wisma Slipi. Tinggal nyebrang aja (Kalau berani sih. Soalnya rame banget jalannya. Wkwk. Teman saya aja naik ojek waktu itu karena dia parkir mobil di Wisma Asia. Dia salah lokasi. Haha).

Oke hari ini pulang dulu ke kosan temen. Kemudian nanti kita akan mendapatkan email tentang formulir yang harus diisi untuk dibawa pas wawancara besok. Jangan lupa diisi selengkap-lengkapnya. 

Besoknya, 20 Januari 2017 saya menuju ke Bank BCA Wisma Asia masih menggunakan Grab Bike. Soalnya lebih murah dari ojek online lainnya (Mahasiswa banget). Sesampainya di Wisma Asia, saya langsung menuju ke pos satpam untuk memperoleh ID pengunjung dengan menukarkan KTP yang saya punya.

Setelah memperoleh ID, saya kemudian langsung menuju lift ke lantai 9, kebetulan interview saya jadwalnya pukul 10.00 di lantai 9. Sesampainya di lantai 9, saya langsung disambut oleh satpam yang ada disana dan diminta tandatangan dan mengambil sebuah formulir yang harus diisi lagi. Sembari menunggu panggilan, saya mengisi lembar formulir tersebut. Kebetulan sudah banyak kandidat juga yang masih stay di sana untuk menunggu giliran interview. Lagi-lagi, SKSD dengan peserta lainnya di atas. Nanya asal lah, dll (Gaya basa-basi orang Indonesia :p).

Kemudian nama saya dipanggil dan saya memasuki ruangan. Perkenalan dulu dan kemudian saya ditanya banyak pertanyaan. Semuanya si kebanyakan memang tentang kuliah saya karena memang saya fresh fresh graduate banget. Kuncinya santai aja dan jawab dengan jujur aja. Jangan mengada-ada. Nanti malah ketauan boongnya. Haha

Kata Ibunya, pengumuman akan diberikan maksimal 1 bulan setelah wawancara dilakukan. Jreng.. Jreng..

Selesai interview, saya keluar dan balik menuju ke kosan teman saya di Menteng! Besoknya saya kembali ke Jogja!

Bersambung....
Share:

14 komentar:

  1. Balasan
    1. Sis? Gw cowok bro -__- Kelanjutannya? Nggak ada. Haha. Belum lolos Bro, sebatas interview Psikolog aja kemaren.

      Hapus
    2. boleh share percakapan pas interview gak? kok bisa gak lolos mas?

      Hapus
    3. Maaf baru sempat balas. Percakapannya seputar kepribadian, kegiatan selama kuliah, aktivitas setelah tamat kuliah dan sejenisnya Mbak. Kalau sudah kerja biasanya ya ga jauh-jauh seputar kerjaan sebelumnya.

      Kenapa ngga lolos? Ngerasa si masih banyak banget kekurangan pas jawab pertanyaan. Soalnya itu pengalaman pertama saya ikut interview kerja mbak 😂😂

      Hapus
  2. Halo kak, boleh tahu kelanjutannya? 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kelanjutannya saya gagal Mba 😁 Belum rejekinya disana 😁

      Hapus
    2. Owalah... Yang semangat ya mas! 😄

      Hapus
  3. Kak kemarin pas interview pak bahasa inonesia apa bahasa inggris???

    BalasHapus
  4. Ada keterangan ga, bersedia tidak menikahnya sampai kapan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau tidak salah satu tahun pertama (Masa training). Cuma ngga tahu kalau kebijakannya sudah ganti :)

      Hapus
  5. Psikotesnya sebatas kepribadian saja atau ada verbal, logical dan numeriknya mas seperti di tes onlinenya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada semua gan. Verbal, numerical, wartegg, koran, bahkan wawancara psikolog 🙏🏻

      Hapus
  6. Mas maaf mau tanya, dari pas daftar online sampai dapat SMS itu berapa lama nunggunya mas?

    BalasHapus