Review Singkat Kartu Halo Pascabayar

Selamat siang semua.

Udah lama ngga nulis rasanya pengen cerita. Jadi gini, ceritanya saya baru saja berlangganan kartu Halo. Karena baru kali ini saya tertarik untuk berlangganan kartu pascabayar. Berawal dari iklan yang muncul setiap kali browsing internet, saya kemudian melihat ada paket pasca bayar yang diberi nama Halo Kick. Awalnya sih ragu, apa enaknya pakai kartu pascabayar. Mahal.
Tapi ketika saya melihat kuota yang diberikan Telkomsel untuk paketan kartu Halo pascabayar ini. Cukup menggiurkan. Dengan 60 ribu rupiah kita sudah bisa mendapatkan kuota 6 GB (2 GB All network dan 4 GB 4G), kuota telpon 50 menit dan 200 sms. Kartu Simpati saya kadang murah, kadang mahal. Tapi lebih sering mahalnya. Oleh karena itu saya memilih untuk berlangganan kartu Halo. Salah satu alasannya adalah karena saya juga sudah mempunyai pekerjaan sendiri. Dan nyeseknya, saat menulis ini, sedang ada promo kartu simpati dengan 50K bisa mendapatkan 5 GB, 600 Menit dan 400 sms berlaku 24 jam. Kan bikin mikir ulang pake Halo nya 😁

Oke daripada panjang lebar. Terlepas dari itu semua, berikut beberapa kelebihan yang diperoleh selama memakai kartu halo:
Pertama, Ngga perlu mikirin abis kuota atau ngga punya pulsa. Tinggal pakai aja sepuasnya. Tapi ingat tetap ada limitnya. Dan limitnya ini juga yang menjadi kelebihan kartu Halo. Jadi pengeluaran kita untuk biaya telepon tidak akan membengkak.
Kedua, Jaringannya lumayan dibandingkan dengan kartu telkomsel prabayar. Contohnya gini, di tempat yang sama dan HP yang sama kartu pascabayar saya mendapatkan signal 4G. Sedangkan kartu simpati kadang dapet dan kadang engga.
Ketiga, Browsing super cepet. Saya pernah menguji menggunakan speed test. Hasilnya antara pascabayar dan prabayar tidak terlalu jauh. Untuk kota Jogja (Sekitar Bandara) speed download 32 MBPS dan upload hampir 33 MBPS. Saya juga ngga tau kenapa kok lebih besar upload. Tapi, perbedaan yang paling terlihat antara pasca bayar dan prabayar adalah PING. Kartu halo saya menembus angka 26 ms. Sedangkan Simpati di angka 36. Itulah kenapa halaman browser langsung terbuka dan nyusss. Ada yang belum paham PING? PING itu adalah kecepatan bolak balik data antara handphone dan server. Jadi kebayang kan?
Keempat, Nomornya kita bisa pilih sendiri sesuai keinginan. Saya kemarin beli kartunya via blanja.com. Jadi lebih enak bisa menyesuaikan dengan keinginan.
Kelima, Kalau saya si pengeluaran jadi lebih terkontrol. Selain itu saya juga tidak membutuhkan jaringan internet yang banyak karena sudah disediakan wifi di kantor. Oleh karena itu saya rasa pemakaian kartu halo sudah cukup untuk bulanan saya.
Keenam, Prioritas kalau lagi nelpon call center dan gratis. Kalau kartu prabayar kan harus ngantri dan bayar. Kartu Halo langsung dihubungkan ke call center. Selain itu katanya dapat prioritas juga ketika mengunjungi Grapari. Karena ada jalur khusus pascabayar dan tidak perlu ngantri (Kalau ini si saya belum nyoba).
Ketujuh, Dalam kondisi darurat bisa membelikan keluarga paket internet, paket telepon, sms langsung melalui aplikasi MyTelkomsel atau via UMB di *111#. Praktis. Artinya tidak perlu bolak-balik ke conter pulsa atau beli via ATM/Internet banking dll.

Selain kelebihan, ada beberapa kelemahan dari kartu Halo berdasarkan pengalaman pribadi saya, Berikut daftarnya:
Pertama, Kartu perdana tidak tersedia di konter-konter pada umumnya.
Kedua, Kartu tidak langsung aktif karena harus menunggu verivikasi dari pihak Telkomsel.
Ketiga, untuk yang terlanjur migrasi dari kartu Prabayar (As, Simpati, Loop) menjadi Pascabayar Halo, tidak bisa lagi melakukan migrasi dari  Pascabayar ke Prabayar. Sesuai dengan ketentuan dari telkomsel yang bisa dibaca disini di poin nomor "9. Setelah melakukan perpindahan layanan ke kartuHalo, nomor pelanggan tidak bisa kembali menjadi prabayar (simPATI, KARTU As, atau Loop). Sisa kuota dan semua paket prabayar (CUG, TM/JagoanSerbu, MKios, dll) menjadi tidak berlaku dan tidak bisa digunakan lagi."
Oke, sejauh ini itulah hal-hal yang bisa saya bagikan terkait kelebihan dan kelemahan berlangganan kartu Halo.

(Update)
Setelah pemakaian lumayan lama sekitar 6 bulan, ada beberapa hal yg membuat saya rada kecewa dengan kartu Halo. Pertama, banyaknya nomer dari luar negeri yg ngga tau darimana nelpon mulu. Mengganggu menurut saya, karena sehari kadang sampai 5 atau 6 panggilan. Kalau kamu ga sengaja telepon balik, siap-siap tagihanmu membengkak. Nomernya seperti di bawah ini.
Selanjutnya, nomor cantik kartu halo kayaknya ada beberapa yang bekas orang lain. Ga tau tiba-tiba saya dapet SMS selamat ulang tahun Bapak/Ibu X. Dan itu bukan nama saya. Beberapa kali juga dapet telepon dari Credit Card BCA. Padahal saya ga punya Credit Card BCA. Kayaknya kartu Halo saya ini bekas orang dahulu kala. (Update: saya sempat tanya ke CS Telkomsel bahwa ternyata kartu saya memang dulu pernah dipakai orang lain. Soalnya nomor saya cantik gan. Haha)

Akhirnya saya memutuskan untuk menghentikan pemakaian kartu Halo saya dan berpindah ke Prabayar saja.

Review ini pengalaman pribadi saja ya, tentunya sebagai gambaran aja untuk rekan-rekan sekalian apakah akan memutuskan untuk berpindah ke pascabayar atau tidak. 

Terima kasih.
Share:

57 komentar:

  1. Ka pernah membengkak ga? Soalnya saya baru ganti kartu halo

    BalasHapus
  2. Ka pernah membengkak ga? Soalnya saya baru ganti kartu halo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf baru bales kak. Notifnya ga masuk email -_- Liat blog udh banyak komen yg masuk. Sejauh ini engga kak, kan kalau Halo Kick bisa diatur limit maksimal 300rb. Kalau saya pribadi selama pemakaian ga pernah over limit. Maksimal habis 250an aja. Itupun karena beliin paketan ade saya. Tks.

      Hapus
  3. udah jalan 3 bulan ini saya pake kartuHalo Telkomsel, masih so far so good masih terkontrol

    BalasHapus
    Balasan
    1. So far memang murah Halo Kick gan. Dibanding prabayarnya Telkomsel yg kadang murah terus abis itu ga bisa diaktifin lagi paketannya. Untuk yang males ribet pasang paketan dan ga takut kehabisan pulsa emang kartu Halo yg enak buat dipake. Hehe

      Hapus
  4. Maaf gan, untuk pengeluaran minimal perbulannya abis berapa? Ane noob nih jadi masih penasaran tapi pengennya info dari sesama customer biar lebih real

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau minimalnya tergantung paketan Agan. Kalau saya pakai Halo Kick 100rb. Jadi perbulan minimal 110rb (Include PPN). Kalau maksimalnya, untuk pengguna baru maksimal 300rb per billing cycle gan.

      Hapus
    2. Nice info, thanks gan. Karena baru nyobain ini ane pake halo kick 60k, walau kayaknya ga cukup deh karena kuotanya dipartisi gitu -.- agak agak sedih

      Hapus
    3. Yang sedang dan ga kemahalan itu yang 100rb aja gan. Hehe. Udah lumayan bannget.

      Hapus
    4. Ok nice info (y). Tapi mau nanya lagi gan, kemarin sewaktu sebagian besar wilayah bekasi pemadaman listrik sampe stasiun bekasi juga, di rumah ane ga ada sinyal dan jaringan cuma h+,malah pernah e, apa agan pernah juga nih kek gini sewaktu pemadaman listrik? Karena kan yang ane tau kartu halo jaringan prioritas tapi kok pas pemadaman listrik jadi kualitas sama aja kek tri ane. Kalo tri sih ketauan, jauh lebih murah, ga heran kalo pas pemadaman listrik jadi susah sinyal dan jaringan down

      Hapus
    5. Kalau gitu masalahnya memang di pemancar nya yang mati gan. Maksudnya gini. Misal jaringan di sana cuma bisa terjangkau H+, kartu Halo biasanya bakalan lebih lancar dibandingkan H+ nya di simpati atau As. Maksud prioritasnya begitu. Saya juga pernah di wisudaan gitu kan. Karena saking ramenya orang berkumpul disitu, dulu masih pakai kartu As. Sinyal penuh tp data nya gamau jalan. Nah, saya pakai Halo pas dateng ke wisudaan lagi malah lancar banget. Selain itu juga tergantung pemancarnya gan. Ada yang bisa kecepatan sekian, ada yg sekian (Ga tau apa namanya. Bandwidth apa ya? Haha). Nah, kemungkinan besar pemancar yg high speednya di tempat Agan itu yang mati. Makanya dia otomatis konek ke pemancar yang biasa. CMIIW :)

      Hapus
  5. Kok sy pake kartu hallo malah rugi yaa.. Pdhl di kantor pake wi-fe kantor tgl 06 sdh limit batas pengunakan 400 rb sedangkan masuk kembali data dll tgl 20 bulan ini.. Kayanya ada yg gak bener dengan kartu hallo
    . tiap di tlp 188 gak bisa *Kecewa*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau untuk awal emang segitu limitnya Mba. Kalau dirasa kurang limit segitu minta naikin aja mba ke Grapari. Hehe. Soalnya kan reach limit bisa juga karena nelpon. Apalagi beda operator telkomsel lumayan mahal.

      Hapus
  6. wah ini mantep reviewnyaa
    saya bggung jg yaa kenapa saya telp cs tsel..menanyakan info tentangbjaringan pasti tidak ada jawabnya..malah bilang klo tergantung tempat padahal.yg saya tnyakan di tempat sama.perangkat sama..
    oh iyaa apa klo paket 100rb itu hanya mendapat quota 4gb ya ?? apa cukup ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang agan sebut itu yang paketan apa y? Setahu saya yg 60rb aja dapetnya 6gb kuota reguler. Yang 100Rb itu dapet 20 GB gan (2 gb + 8gb promo + 10gb musicmaxx videomaxx). Iya untuk jaringan masih tergantung daerahnya gan. Kalau dia emang belum ada pemancar yg high speed ya sama aja ujung2 nya bakalan lelet. Hehe. Kalau masalah cukup atau engga tergantung pemakaian masnya. Kalau saya 60rb ga cukup makanya saya upgrade ke halo kick 100K. Hehe

      Hapus
    2. Maaf nimbrung, agak mengecewakan (halo kick 100k) ya yang dibanyakin malah kuota promo yang suatu hari akan ga berlaku lagi. Omong omong, apa dari agan agan ini ada yang punya pengalaman ubah postpaid ke prepaid dengan nomor ponsel yang sama? Karena sekarang kan sudah bisa ubah prepaid ke postpaid dengan nomor sama. Mohon pencerahan

      Hapus
    3. Ya namanya juga nyari pelanggan gan pasti lah pake promo. Setauku kok malah ga bisa pindah lagi ke prabayar ya kalo udh pindah pascabayar. Gatau kalau udah ada update terbaru. Makanya saya kemarin sengaja nomer baru buat kartu Halo. Nomor lama masih bisa dipakai. Kalau masih mau pakai nomor yang lama kartu halonya dinonaktifin aja paket nya gan. Jadi cuma bayar abonemen aja. 50rb kalo ga salah (Info dari CS telkomsel).

      Hapus
  7. Kalo saya malah di tawarin langsung dr telkomselnya untuk beralih ke kartu halo,itu gmna ya,dia jelasin bla bla bla ttg bonus2 nya pke kartu halo,yg sedang promo dpt 16gb dr 11 gb aja sebulannya,dg biaya 66rb + ppn,saya bingung apa iyahin apa jangan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang strategi marketingnya mereka gan. Intinya kalau agan udh pindah ke pascabayar, ga bisa lagi balik ke prabayar. Jadi mending pikirin dulu aja apa emang mau pindah pascabayar atau daftar Halo dengan nomer baru via tokopedia atau blanja.com atau ke grapari telkomsel langsung. Kalau saya saranin nya mending pake nomer baru. Jadi kalau suatu saat berhenti dari Halo, nomer yang lama masih bisa dipakai

      Hapus
  8. Skarang sya pakek prabayar yg beli kuota 32GB dg harga 130rb , tpi saya pengen ke pascabayar dan sya check hrgnya yg paling rendah itu lebih mahal (menurut saya sendiri sih) karena saya gak pernah telp/sms . Minta oencerhan nya dong agan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau package Halo Kick emang bundling sama sms, nelpon, musicmaxx (streaming joox, langit musik ga pakai kuota utama), videomaxx (buat VIU sama Hooq). Kalau agannya gamau yang ada nelpon dan bundling itu, cuma paket internet, aktifin aja yg paketan flash biasa di kartu halo. Hehe.

      Hapus
  9. ya sudah support 4g+ sih
    .cuma yg saya butuhkan adalah ping msNya gan
    sama nih saya jogja gan area kotagede ..makanya saya msih bertanya2 untuk perbandingan ping.. cba gan buat dong channel youtube blm ada lho yg tes perbandingan kcepatan internet kartu halo vs tsel

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jogja juga toh. Haha. Next project ya gan buka channel youtube 😁🙏🏻 Btw kalau mau ping yg dahsyat coba pakai Indihome gan. Saya pakai yg unlimited 20mb itu ping nya 4 ms doang. Maknyuss. Kalau untuk data seluler kadang ya begitu. Tapi selama di Jogja, operator yang menurut saya mantap Cuma Telkomsel sama XL 😁🙏🏻

      Hapus
  10. Saya baru mutasi ke pascabayar tanggal 1 Oktober kemarin dgn paket 300.000. Kuota telpon 500 menit, internetan 70 gg dengan batas akhir kuotanya tanggal 19 Oktober. Seandainya tagihan saya di akhir bulan hanya 200.000. Apakah saya harus bayar 300.000 atau berapa? Mohon pencerahannya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk pertama kali dia emang dihitung sejak tanggal daftar sampai billing keluar gan. Jadi untuk pertama kayaknya agan ga sampe 300rb tagihannya. Bisa jadi setengah 150an. Nah, tapi untuk selanjutnya karena pemakaian 1 bulan full jadi tagihannya pasti minimal 330rb meskipun kuota internet dan telp nya ga habis ��

      Hapus
  11. sya dan istri pake krtu halo kick yg 100k..tp limit sya kunci 50rb.otomatis kita ga bisa tlp ke beda operator.sya dan istri menyiasati pake kartu 2(beda operator) kami pake kartu lain untuk tlp beda operator.paket tlp-nya murah 50k untuk sebulan.jd klo dihitung perbulan hanya 150k. jd lbh murah.

    BalasHapus
  12. Saya awalnya pakai kartu Halo Hybrid selama 4 tahun terakhir (saya awalnya incar paket internetnya, saya cuma butuh paket internet di bawah 2 GB sebulan :D), 2 bulan yang lalu saya berhenti langganan tu kartu karena paket internet di simPATI lebih menggiurkan. O iya kata mbaknya kalo dalam 6 bulan saya masih ingin mengaktifkan kartu Halo lagi masih bisa di nomor yang sama. Btw soal sinyal saya rasa sama saja antara kartu Halo dan simPATI karena keduanya saya pakai di HP yang sama.

    BalasHapus
  13. setahu saya memang serasa ndak ada beda masalah jaringan kalo sama di kotanya, mungkin kalo di pelosok akan terlihat bedanya

    BalasHapus
  14. Saya baru ikut halo kick, saya pih yang 66rb. Nah kalau misalkan setiap bulannya paketan yang 66rb itu, entah kuota, telpon, atau sms saya ngga abis. Berarti tagihan saya tiap bulan cuma 66rb atau gimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya izin jawab, saya juga pilih halo kick 60, tagihan 60k plus tax 10% jadi 66k, walau paketan ga 100% habis. Trick saya sih, saya selalu cari promo (gobill dari gojek, toped dll) untuk dapet diskon gan haha :v

      Hapus
    2. Saya izin jawab, saya juga pilih halo kick 60, tagihan 60k plus tax 10% jadi 66k, walau paketan ga 100% habis. Trick saya sih, saya selalu cari promo (gobill dari gojek, toped dll) untuk dapet diskon gan haha :v

      Hapus
  15. Sy pengguna baru kartu halo.
    Banyak keluhan soal tagihan kartu halo yg tiba2 membengkak dan gak jelas..
    Jadi parno dan pengen stop karto halo nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biaya stop kartu halo berapa emangnya?

      Hapus
    2. setau saya ga ada biaya, cukup membayar akumulasi pemakaian paketnya saja..

      Hapus
    3. bayar biaya stopnya lewat mana ya?

      Hapus
    4. Selama 11 tahunan menggunakan halo saya ngg pernah ngalamin masalah yg berarti. Simpan sj struk pembayarannya jd klu ada tagihan double bsa d protes. Dan juga kalau ada masalah bengkak tagihan harap limitnya dosesuaikan dgn isi kocek

      Hapus
  16. saya baru saja pakek kartu hallo belum 1 bulan
    sya pake yg 16gb 66rb....
    gak tau pakek kick atau hybird....
    apakah nanti tangihan juga 66rb?
    soalnya masih awam kartu hallo

    BalasHapus
    Balasan
    1. bantu jawab.. iya seterusnya tetap bayar 66rb itu, kecuali kalau ada pengeluaran tambahan diluar paket yang telah ditentukan

      Hapus
  17. Saya baru dapet konfirmasi dari telkomsel bahwa kartu as saya sudah bermigrasi ke halo, sekaligus aktif dengan paket halo kick 150, namun saat itu juga saya cek di mytelkomsel dan *888# pengguanaan saya udah RP.68258, itu maksudnya apa ya? Bantu jawab pliss masih awam soalnya -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Izin bantu jawab. Maksudnya itu agan kam memggunakan halonya ga sampai sebulan krna baru daftar. Itu penggunaan dr paketnya aja kok gan. Kalau udh mak ke bulan ke dua lsg 150 ribu d pemakaian sementara nya

      Hapus
    2. Seperti yang dijawab Agan Pandu gan. Itu karena pengaktifan kartu dan billingnya tidak sampai satu bulan sehingga penggunaannya hanya 68.258. Untuk bulan-bulan selanjutnya akan normal 150.000 + ppn 10%.

      Hapus
  18. saya pakai halo kick sudah hampir 2 tahun kyknya, dulu enak poin dapat banyak lahhh sekarang sama saja kayak yang prabayar dan gak ada lebihnya kalau dibanding prabayar, jadi ingin setop saja kartu halo ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kirain cuma ane gan yang ngerasa poin kok ga kayak tahun lalu. Hmm

      Hapus
    2. Betul gan. Sekarang semakin pelit Telkomselnya. Saya juga sudah berhenti kartu halo nya dan kembali ke SimPATI. Hehe

      Hapus
  19. Izin tanya,klo kartu halo mulai aktif berapa hari setelah migrasi yh? Soalnya pas di awal bilangnya 3×24,udh mau hari ke 4 kartu halo saya belum aktif juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harusnya sudah aktif kak. Coba hubungin Call centernya aja. Biar di tindaklanjuti dari pihak Telkomselnya.

      Hapus
  20. Ikut nanya....
    Di halo kick ada kuota "internet" dan kuota "internet promo"...
    Apa yang dimaksud internet promo yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Internet promo itu adalah kuota yang bisa berakhir sesuai dengan ketentuan Telkomselnya. Sedangkan kuota internet itu ya kuota sebenarnya. Jadi gini. Misal dalam masa promo kita dapet 5gb kuota internet + 5gb kuota promo dengan harga 100rb. Nah, besok kalau promonya sudah berakhir, dengan 100rb kita cuma dapat 5gb aja kuota internet tanpa kuota promo lagi.

      Hapus
  21. saya barusan ditelpon dengan halo kick 88 rb.. limitnya 100 rb. stelah mw migrasi kok malah jadi kefikiran yah. lebih baik batalkan saja atau tidak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama saya juga kepikiran, sudah terlanjur migrasi lagi

      Hapus
  22. Mau tanya..Kartu halo saya kok baru daftar dua mggu,kuota utama udh mau hbs masa berlaku.gimana cara memperpanjang kuotanya.

    BalasHapus
  23. Ijin nanya gan, baru aja saya di telepon sama pihak telkomsel berhubungan dengan berkenan migrasi dari simpati ke Halo. Saya sudah terlanjur meng"iya"kan. Tapi baru aktif katanya awal agustus. Setelah itu, baru nyadar sekarang mencari2 info tentang migrasi ke halo. Kira2 bisa dibatalin gak ya?. Awalnya Gak tau kalo nantinya gak bisa balik lagi ke prabayar. Padahal ini nomor kesayangan 😢.. berasa dihipnotis saat telpon mbak2 CSnya 😅

    BalasHapus
  24. Ijin nanya gan, baru aja saya di telepon sama pihak telkomsel berhubungan dengan berkenan migrasi dari simpati ke Halo. Saya sudah terlanjur meng"iya"kan. Tapi baru aktif katanya awal agustus. Setelah itu, baru nyadar sekarang mencari2 info tentang migrasi ke halo. Kira2 bisa dibatalin gak ya?. Awalnya Gak tau kalo nantinya gak bisa balik lagi ke prabayar. Padahal ini nomor kesayangan 😢.. berasa dihipnotis saat telpon mbak2 CSnya 😅

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mirasi bisa di batalkan, bahkan kartu yg sdh di migrasi pun bisa di ubah kembali ke telkomsel prabayar

      Hapus
    2. Coba dibaca disini gan untuk poin syarat ketentuan nomor 9. Jadi ga bisa pindah lagi ke Prabayar ya. https://www.telkomsel.com/kartu-halo/beralih-ke-kartu-halo

      9. Setelah melakukan perpindahan layanan ke kartuHalo, nomor pelanggan tidak bisa kembali menjadi prabayar (simPATI, KARTU As, atau Loop). Sisa kuota dan semua paket prabayar (CUG, TM/JagoanSerbu, MKios, dll) menjadi tidak berlaku dan tidak bisa digunakan lagi.


      Sekarang gimana gan? Udah terlanjur pindah pascabayar? Sorry ya gan akhir-akhir ini jarang emang buka blog.

      Hapus
  25. Jika dalam 3x24 jam tidak ada perubahan bisa tlpon di call center. Dan di lihat oleh cs nya apakan sudah dalam proses atau antrian kalau dalam 3x24 jam masih dalam antian biasa dibatalkan untuk migrasi ke kartu halo.

    BalasHapus