Kuliah? Apa itu kuliah dan bagaimana sistem pembelajaran di perkuliahan?

Sebagai seorang mahasiswa yang baik, :p disini saya mau meng-share tentang Kuliah. Siapa tau ada adek-adek yang masih SMA yang mau tahu karena belum tahu apa sebenarnya kuliah tersebut.
Dalam KBBI, kuliah diartikan sebagai menerima pelajaran di perguruan tinggi. Kuliah jelas berbeda dengan masa SMA. Kalo SMA yaitu Sekolah Menengah Atas dan masih belajar semua pelajaran yang ada di jurusan SMA, Sedangkan Kuliah yaitu Sekolah tinggi, kita difokuskan pada pembahasan sesuai jurusan masing-masing. Hehe..:)
Menurut penulis. Kuliah itu penting. Mengapa? Karena dengan adanya perkuliahan kita dituntut untuk menjadi seorang yang ahli dalam bidang yang kita ambil untuk bisa digunakan dalam dunia pekerjaan yang perlu kemampuan yang khusus untuk bisa mendapatkan pekerjaan saat ini. Jika hanya sekedar kuliah, berangkat, kemudian pulang lagi dan hanya unruk mengisi yang namanya presensi, jadi apa yang bisa kita lakukan didunia pekerjaan nantinya? Tapi biasanya jarang yang melakukan hal ini jika memang jurusan yang dipilihnya sesuai dengan keinginan hatinya sendiri.
Oleh karena itu, kuliahlah dengan sebenar-benarnya dan jadilah seorang yang ahli di bidang yang Anda ambil. Dengan menjadi seorang yang ahli, InsyaAllah deh mudah dalam mencari kerja nantinya. Aamiin..:)
Terkadang ada yang bilang “Untuk Apa kuliah, Sarjana saja sekarang banyak yang nganggur toh”. Menghadapi perkataan ini, Sarjana banyak yang nganggur. Apalagi yang hanya lulus SMA. Iya nggak? Sarjana, hanya menunggu waktu dan kesempatan saja dengan dunia pekerjaannya. Sedangkan Lulusan SMA? Apa yang mau anda pakai didunia pekerjaan. Mungkin anda bisa bekerja, namun untuk mendapatkan posisi dan kedudukan yang tinggi harus kuliah terlebih dahulu. Disini kelebihan seorang sarjana. Kecuali jika anda mempunyai perusahaan yang bisa anda kelola sendiri. Namun, biasanya untuk menjadi pengelola perusahaan yang dimiliki pun butuh pembelajaran yang lebih supaya mengerti dan tidak ditipu oleh orang lain. Dan pembelajaran tersebut akan anda dapatkan dengan kuliah.
Mengenai sistem pembelajaran diperkuliahan, disini saya akan menjelaskan beberapa hal terkait sistem pembelajaran di perkuliahan.
  1. Di perkuliahan, Anda tidak hanya mempelajari pelajaran tertentu saja seperti di SMA selama anda kuliah. Setiap semester mata kuliahnya berbeda.
  2. Kuliah, Anda boleh menggunakan pakaian yang bebas dan pantas, kecuali sekolah tinggi kedinasan dan mungkin di sekolah tinggi kesehatan.
  3. Waktu kuliah dan dosen yang mengampu dapat anda tentukan sendiri ketika input KRS. Kecuali pada semester pertama, biasanya masih dalam satu paket yang sudah ditentukan. Semester selanjutnya anda sudah bisa memilih waktu kuliah tersendiri.
  4. Jika IP anda kurang dari 3,00 (Biasannya), anda hanya bisa mengambil Max.22 SKS dari jumlah SKS yang ditawarkan. Biasanya pada awal semester SKS bisa diambil semua yaitu 24 SKS. Saya pun sempat bingung, IP kurang dari 3 kok malah mata kuliahnya dikurangi. Mengapa nggak malah ditambah?? Ternyata alasannya, karena anda tidak mampu mengambil SKS maksimal, yaitu IP anda yang kurang dari 3,0 Tadi. Disini saya baru mengerti setelah dijelaskan oleh Dosen Penasehat akademik.
  5. Dikuliah, tempat Sharing masalah kuliah adn matakuliah ada yang namanya Dosen Penasehat Akademik. DPA tersebut sampai anda tamat di perguruan tinggi tersebut. Kalau di SMA, namanya wali kelas.
  6. Dan Lain sebagainya, yang akan anda temukan sendiri ketika anda kuliah..:)
Masalah yang timbul saat mau kuliah biasanya masalah biaya, ini juga sebenarnya yang termasuk dalam permasalahan penulis. Hehhe.. Tapi gak terlalu ah.. Biaya, dapat disiapkan sebelum anda kuliah kok. Makanya kuliah ditempat yang sesuai dengan kemampuan kedua orang tua dan untuk membiayai anda dan fokus kepada satu tempat kuliah yang anda inginkan. Dan yang pastinya jangan lupa belajar dan berdoa supaya lulus dipilihan anda tersebut. Masalah biaya hidup, sebagai anak perantauan, saya juga merasakan bagaimana ketika keuangan uang dan sebagainya. Disinilah dengan adanya teman (bukan memanfaatkan saja), kita bisa saling membantu satu sama lain. Itulah gunanya seorang teman. Dan banyak juga anak-anak kuliah yang bekerja kok. Teman saya dan mahasiswa di Universitas saya banyak yang menjadi Tentor anak SD, SMP, Bekerja sebagai pegawai per Shift, warnet, dan sebagainya, tergantung kemauan anda deh..:)
So, Semangat untuk kuliah dan kuliahlah ditempat yang benar-benar anda inginkan dan anda mampu untuk  mencapainya.. 
Semoga Bermanfaat. Aamiin.. ðŸ˜€
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar